5 Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Benar & Baik dan Dijamin Dilirik Perusahaan

5 Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Benar & Baik dan Dijamin Dilirik Perusahaan
5 Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Benar & Baik dan Dijamin Dilirik Perusahaan ( ascomaxx.com )

Surat lamaran kerja merupakan komponen krusial saat mengajukan diri untuk sebuah posisi kerja. Surat ini memungkinkan perusahaan untuk mengenal identitas pelamar lebih dekat. Setiap perusahaan memiliki prosedur berbeda dalam menerima lamaran kerja.

Meskipun era digital telah mempopulerkan proses lamaran kerja online, ada perusahaan yang tetap mengharuskan pelamar untuk menulis surat lamaran secara manual.

Surat lamaran kerja yang ditulis tangan harus dibuat oleh pelamar itu sendiri, baik pada kertas hvs maupun folio bergaris. Surat lamaran yang ditulis dengan rapi dan terorganisir cenderung memberikan kesan positif pada departemen hrd.

Menulis surat lamaran kerja mungkin terlihat mudah, namun tidak semua orang mengerti teknik penulisannya yang benar. Beberapa aspek penting seperti gramatika, format dan cara penulisan harus diperhatikan dengan seksama.

Untuk membantu anda dalam menyusun surat lamaran kerja tulis tangan, berikut adalah panduan lengkap mengenai cara dan format penulisan surat tersebut, disertai contoh yang dapat dipelajari.

Apa itu surat lamaran kerja?

Surat lamaran kerja merupakan sebuah dokumen formal yang dibuat oleh seseorang saat ingin mengajukan diri untuk posisi tertentu di sebuah perusahaan dan menjadi komponen esensial yang mesti disertakan oleh setiap calon karyawan.

Biasanya, surat ini mencakup informasi pribadi, keahlian yang dimiliki, pengalaman bekerja, kegiatan di organisasi atau pengalaman magang dan dokumen pendukung lainnya. Membuat surat lamaran kerja tidaklah selalu mudah karena tidak semua orang mampu menulisnya dengan tepat dan sesuai dengan ekspektasi perusahaan.

Dalam perannya sebagai surat perkenalan, surat lamaran kerja memudahkan perusahaan dalam menilai kapasitas dan kualifikasi seorang pelamar.

Lebih dari itu, surat ini juga berfungsi sebagai sarana bagi pelamar untuk memperkenalkan dirinya serta mengemukakan motivasi dan alasan mengapa ia tertarik bekerja di perusahaan tersebut.

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan

Berikut ini adalah beberapa sampel surat lamaran pekerjaan yang ditulis secara manual:

1. Surat lamaran kerja CPNS

Pekerjaan sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS) menjadi salah satu kesempatan karir yang sangat diminati oleh banyak orang.

Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui dan mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, termasuk salinan skck, Ijazah dan berbagai dokumen pendukung lainnya.

2. Surat lamaran kerja kesehatan

Jika anda tertarik untuk mengajukan lamaran pekerjaan di sektor kesehatan, sangat penting bagi anda untuk menyertakan dokumen-dokumen terkait yang relevan dengan sektor tersebut, karena dokumen ini akan membantu meningkatkan peluang anda untuk diterima di perusahaan.

3. Surat lamaran kerja non PNS

Banyak peluang kerja tersedia bagi karyawan non-pns di beragam sektor. Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk teliti dalam mengisi data serta menyiapkan dan melampirkan dokumen yang diperlukan, untuk meningkatkan kemungkinan diterima.

4. Surat lamaran kerja pabrik

Surat lamaran kerja yang ditulis secara manual kerap menjadi salah satu persyaratan saat mengajukan lamaran kerja ke pabrik. Pastikan untuk menyertakan dokumen penting lainnya seperti salinan ktp, ijazah, curriculum vitae (CV) dan dokumen pendukung lain.

Selain itu, penting juga untuk mencantumkan posisi spesifik yang anda minati di pabrik tersebut, terutama jika terdapat banyak lowongan yang tersedia.

5. Surat lamaran kerja admin

Hampir setiap perusahaan memerlukan seseorang untuk mengisi posisi administratif. Pekerjaan utama di bidang ini meliputi memasukkan data perusahaan, suatu kegiatan yang bisa dilakukan oleh banyak orang. Karenanya, banyak orang yang tertarik dengan posisi ini. Namun, penting untuk memiliki kemampuan komputer yang baik dan penguasaan beberapa perangkat lunak terkait administrasi.

Format surat lamaran kerja tulis tangan

Untuk menulis surat lamaran kerja yang efektif dan sesuai standar, anda perlu memahami struktur dan format surat lamaran ini secara detail.

1. Tanggal dan tempat penulisan

Tempat dan tanggal penulisan sebaiknya ditempatkan di sudut kiri atau kanan bagian atas surat. Sesuaikan tanggalnya dengan batas waktu yang ditetapkan oleh perusahaan. Pastikan untuk tidak melewati batas waktu tersebut, sebab jika terlambat, surat tersebut kemungkinan besar tidak akan diterima.

2. Perihal dan lampiran

Dalam penulisan surat, bagian “Perihal” harus diisi dengan jelas. Mengingat ini adalah surat lamaran kerja, tulislah “Surat lamaran kerja” sebagai perihalnya. Anda juga dapat menyertakan nama perusahaan dan posisi yang ingin anda lamar.

Bagian lampiran mencakup daftar dokumen yang akan dikirimkan bersamaan dengan surat. Jumlah lampiran akan bervariasi sesuai dengan kebutuhan spesifik setiap perusahaan.

Misalnya, anda mungkin perlu melampirkan salinan ijazah, transkrip nilai, ktp, sim dan sertifikat toefl. Dalam hal ini, anda akan mencatat bahwa ada 5 dokumen yang dilampirkan.

3. Nama perusahaan dan alamat lengkap perusahaan yang dilamar

Untuk penggunaan format ini, anda bisa mencantumkannya di bagian tujuan surat. Penulisannya bisa dilakukan dengan cara yang efisien dan tidak perlu menambahkan kata “kepada” sebelum “Yth”.

4. Salam pembuka

Saat menulis salam pembuka, sebaiknya gunakan kalimat yang bersifat netral dan tidak mengandung unsur keagamaan, mengingat tidak setiap perusahaan memiliki latar belakang agama yang serupa dengan anda. Sebagai alternatif, anda bisa menggunakan frasa “Dengan hormat” untuk memulai salam.

5. Kata pengantar yang baik

Bagian awal dari dokumen ini berfokus pada penyampaian tentang asal usul informasi yang diperoleh, termasuk dari media sosial, aplikasi pencarian pekerjaan, atau saran yang diberikan oleh rekan anda.

6. Biodata diri

Berikut ini adalah beberapa elemen penting yang harus dimasukkan dalam informasi pribadi: nama lengkap, lokasi serta tanggal kelahiran, tingkat pendidikan, alamat tempat tinggal dan nomor kontak.

7. Pengalaman kerja, magang dan keahlian yang dimiliki

Selain memberikan informasi pribadi secara detail, anda juga harus memberikan uraian singkat tentang pengalaman kerja, magang, atau kegiatan organisasi yang relevan dengan posisi pekerjaan yang sedang anda incar.

8. Informasi lampiran dokumen

Dalam menyusun lampiran untuk surat lamaran pekerjaan, perlu dijelaskan secara rinci file apa saja yang perlu dilampirkan dengan menggunakan sistem penomoran yang terurut.

9. Penutup dan salam

Cara menyusun paragraf penutup dalam surat lamaran kerja adalah dengan menyampaikan rasa terimakasih kepada tim hrd atas waktu dan perhatian mereka dalam membaca surat tersebut. Hindari permintaan yang berlebihan agar tidak menimbulkan kesan negatif bagi hrd.

10. Nama jelas dan tanda tangan

Untuk bagian yang berisi nama dan tanda tangan, sebaiknya diisi pada bagian akhir dokumen, agar memberikan kesan otentik bahwa dokumen tersebut benar-benar dibuat dan dikirim oleh anda.

Hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja tulis tangan

1. Jenis kertas yang digunakan

Perusahaan memiliki kebijakan yang variatif terkait penulisan surat lamaran kerja. Penting bagi anda untuk memahami kriteria yang ditetapkan oleh perusahaan tersebut sebelum anda mulai menulis surat lamaran.

Beberapa perusahaan mensyaratkan penggunaan kertas hvs polos untuk surat lamaran, sementara perusahaan lain tidak menetapkan aturan khusus mengenai jenis kertas yang harus digunakan, memberikan kebebasan bagi pelamar untuk memilih jenis kertas mereka.

Untuk menciptakan kesan yang baik dan rapi, anda dapat mempertimbangkan penggunaan kertas folio bergaris.

2. Menulis yang rapi

Saat menulis surat lamaran kerja secara manual, penting untuk memastikan tulisan anda terlihat indah dan teratur. Oleh karena itu, gunakanlah huruf sambung yang terbaca jelas agar memudahkan pihak penerima dalam menginterpretasikan isi surat nda.

3. Hindari menggunakan correction pen

Mempersiapkan surat lamaran kerja secara manual memang membutuhkan ketelitian ekstra. Jika terjadi kesalahan, sebaiknya tidak menggunakan correction pen, melainkan mulai menulis lagi di kertas yang baru.

4. Warna pena

Pastikan untuk memeriksa apakah perusahaan tempat anda melamar kerja memiliki kebijakan khusus mengenai warna pena yang digunakan. Beberapa perusahaan mungkin memiliki aturan tentang warna pena tertentu yang harus digunakan.

Selain itu, sebaiknya hindari menggunakan pena berwarna merah saat menulis surat lamaran kerja secara manual.

5. Penggunaan huruf kapital

Menyusun surat lamaran kerja dengan tangan memerlukan ketelitian dan kecermatan dalam penulisan. Berbeda dengan mengetik di komputer, di mana kesalahan dapat dengan mudah dihapus dan dikoreksi, penulisan tangan tidak memberikan kemudahan tersebut.

Pentingnya menggunakan huruf kapital di awal kalimat juga harus diperhatikan, karena hal ini memberikan kesan positif kepada pihak hrd.

6. Penyebutan referensi tempat kerja

Tolong berikan detail tentang dari mana anda mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan ini. Sebagai contoh, jika anda menemukannya di media sosial seperti instagram, sebutkan nama akun yang memposting dan tanggal anda melihat pos tersebut.

Informasi yang lengkap akan membantu hrd memahami kapan anda pertama kali mengetahui tentang lowongan ini.

Cara menulis surat lamaran kerja tulis tangan

  • Penting untuk memahami secara mendetail syarat-syarat yang harus dilengkapi dalam proses melamar kerja agar meningkatkan kesempatan anda untuk diterima.
  • Sebaiknya, buatlah konsep awal sebelum menulis surat lamaran kerja, termasuk ringkasan singkat tentang diri anda, paragraf pembuka dan penutup untuk menghindari kesalahan saat penulisan.
  • Gunakan bahasa Indonesia yang efektif, terstruktur dan langsung pada poinnya saat menulis surat lamaran kerja.
  • Isi formulir lamaran dengan data pribadi yang lengkap dan sesuai dengan ekspektasi perusahaan, serta sertakan deskripsi tentang pekerjaan yang anda lamar.
  • Sertakan sertifikat pendukung yang relevan dengan posisi yang anda lamar. Ini akan memberikan nilai tambah pada aplikasi anda di mata tim hrd, meningkatkan kesempatan anda untuk diterima.
  • Promosikan kemampuan anda sebaik mungkin dalam surat lamaran dan jelaskan mengapa anda merupakan kandidat yang tepat untuk posisi tersebut.
  • Pastikan untuk menempelkan materai, tanda tangan dan menulis nama lengkap anda dengan jelas untuk memberikan kesan yang profesional dan meyakinkan pada surat lamaran anda.
  • Periksa kembali dokumen yang akan dikirim untuk memastikan semua sesuai dengan persyaratan perusahaan dan susunlah dalam satu folder untuk tampilan yang rapi.

Tujuan surat lamaran kerja tulis tangan

Terdapat beberapa alasan mengapa perusahaan mengharuskan pengiriman aplikasi pekerjaan secara tulisan tangan:

1. Memahami kepribadian kandidat

Banyak hrd di perusahaan merupakan alumni program studi psikologi. Studi psikologi mencakup pembelajaran tentang grafologi, yaitu sebuah cabang ilmu yang memungkinkan kita untuk memahami karakter individu melalui analisis tulisan tangannya.

Ini menjadi salah satu faktor mengapa perusahaan sering kali mengharuskan calon karyawan untuk menulis surat lamaran secara manual.

2. Melihat keseriusan kandidat

Di era digital saat ini, sangat sedikit perusahaan yang mengharuskan pelamar untuk menulis surat lamaran kerja secara manual.

Mungkin hanya satu dari sepuluh perusahaan yang menerapkan metode ini, menjadikannya sebagai strategi unik bagi beberapa perusahaan untuk menguji tingkat keseriusan pelamar dalam mencari pekerjaan.

3. Mengetahui ketelitian kandidat

Menyusun aplikasi pekerjaan secara manual memerlukan kehati-hatian dan ketelitian, yang menjadikannya sebuah metode efektif bagi departemen hr untuk menyaring kandidat. Dari ketidakteraturan dan banyaknya kesalahan dalam tulisan, dapat terlihat apakah seorang pelamar benar-benar serius atau tidak.

Penutup

“Ini adalah uraian tentang metode, format dan aspek-aspek vital yang perlu diingat saat menulis sebuah surat lamaran kerja secara manual dengan contoh-contoh dari beragam profesi, sebanyak 5 contoh.

Harapan kami, penjelasan ini dapat membantu kalian untuk mengerti dan mengadaptasi sehingga meningkatkan peluang sukses dalam proses lamaran pekerjaan. Jika ada pertanyaan atau hal yang ingin disampaikan, mohon tuliskan di kolom komentar di bawah. Terima kasih dan semoga berhasil!”

Mengenai pertanyaan anda:

  • Perbedaan antara surat lamaran kerja yang ditulis tangan dan yang diketik terletak pada metode penulisannya, yang memberikan nuansa yang berbeda. Meskipun isi dari kedua jenis surat tersebut umumnya sama, cara penyajiannya yang berbeda ini bisa mempengaruhi kesan yang diberikan. Oleh karena itu, pilihan antara menulis tangan atau mengetik harus disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi perusahaan yang dituju.
  • Alasan perusahaan meminta surat lamaran kerja ditulis tangan adalah untuk memahami karakteristik kepribadian pelamar, menilai tingkat keseriusan dan ketelitian mereka. Melalui surat tulis tangan, pihak perusahaan dapat memperoleh wawasan lebih lanjut tentang pelamar yang tidak selalu terlihat dalam surat lamaran yang diketik.
  • Dalam menulis surat lamaran kerja secara manual, beberapa aspek penting yang harus diperhatikan adalah jenis kertas yang digunakan, kebersihan dan kerapian tulisan, warna tinta pena yang digunakan, menghindari penggunaan correction pen, menyertakan referensi pekerjaan yang relevan dan penggunaan huruf kapital dengan tepat. Semua faktor ini berkontribusi dalam meningkatkan kualitas surat lamaran dan memberikan kesan profesional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *