cara memperbaiki monitor lcd bergaris

5 Cara Memperbaiki Monitor LCD Bergaris di Rumah

Kemunculan garis pada monitor LCD, merupakan hal yang harus segera ditangani karena hal itu sangat mengganggu kenyamanan pengguna. Di bawah ini terdapat 5 cara memperbaiki monitor LCD bergaris yang dapat dilakukan di rumah:

1. Gunakan Pixel Repair

Pixel Repair adalah sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk memperbaiki monitor LCD yang bergaris dan membuat mata menjadi tidak nyaman. Aplikasi berfungsi melakukan pengecekan keadaan LCD dengan cara menggunakan garis dan warna untuk mengetahui ada tidaknya dead pixel di monitor. Berikut merupakan cara penggunaan Pixel Repair:

  • Unduh aplikasi Pixel Repair dan jalankan PixelRepairer.exe.
  • Pilih pattern yang diinginkan, bisa dalam bentuk warna atau garis.
  • Klik “Enable
  • Beberapa saat kemudian akan terjadi perubahan pada layar monitor LCD dari yang semula terlihat normal menjadi pattern. Pada layar LCD akan muncul pattern yang tadi telah dipilih (warna/ garis), yang jika diklik akan berubah menjadi pattern selanjutnya.
  • Jika tidak terjadi perubahan pada layar, berarti layar monitor LCD dalam keadaan baik.
  • Tekan “Esc” pada keyboard untuk kembali.
  • Pilih opsi “repair” kemudian “Add”.
  • Tempatkan pada dead pixel yang ada di layar monitor LCD.
  • Tunggu beberapa saat sampai layar kembali normal.
Baca Juga »  Daftar Laptop Untuk Editing Video Terbaik

2. Periksa Kabel Fleksibel

Jika cara pertama sudah dilakukan, namun LCD masih tetap dalam keadaan garis-garis, maka tidak ada salahnya untuk mencoba cara berikutnya. Periksa kabel penghubung antara monitor LCD dan motherboard, biasanya garis-garis tersebut disebabkan karena adanya kabel yang kendor atau kerusakan kabel.

Periksa dengan seksama apakah kabel yang terpasang sudah dalam keadaan baik atau memang masih kendor. Jika setelah diperiksa tidak ada masalah colokan kabel tersebut pada monitor lain, pastikan apakah monitor lain juga bergaris atau tidak? Jika tidak, berarti masalahnya ada pada kabel, segera ganti kabel monitor lama dengan kabel yang baru.

3. Periksa RAM, VGA, dan Hardisk

Selain kabel, VGA, RAM, dan Hardisk bisa jadi pemicu terjadinya garis-garis pada monitor LCD, jadi tidak ada salahnya untuk memeriksa. Buka dan lakukan pembersihan pada pinpin yang terdapat di motherboard, jika terdapat 2 slot pada RAM, pindahkan di slot sebelahnya. Pastikan bahwa RAM-nya dalam keadaan normal, jika setelah dipindah masih ada garis berarti RAMnya bermasalah.

Baca Juga »  Browser Komputer Terbaik Paling Recommended

Ganti RAM dengan yang baru, jika setelah diganti tidak timbul garis pada monitor LCD, maka penyebab terjadinya garis adalah RAM. Namun, apabila sudah diganti RAM tetap ada garis di monitor LCD, coba lakukan pemeriksaan pada VGA-nya, patikan jenis VGA terpasang. Lakukan pembersihan sama ketika melakukan pembersihan pada RAM.

4. Update Driver VGA

Jika cara ketiga sudah dilakukan dan tidak membuahkan hasil, maka lakukan cara memperbaiki monitor LCD bergaris yang keempat, update driver. Mengapa demikian? sebab, driver VGA yang tidak diupdate bisa menjadi pemicu utama terjadinya garis-garis pada layar monitor LCD. Itu terjadi karena ketidaksinkronan antara driver VGA lama dan program yang baru.

Baca Juga »  5 Game Android Offline Terbaik Saat Ini

5. Periksa Power Supply

Kalau empat-empatnya sudah dilakukan tapi garis-garis masih timbul pada monitor, maka cara terakhir yang harus dilakukan adalah memeriksa power supply. Power supply yang tidak support berpengaruh buruk pada komponen komputer, termasuk pada monitornya.

Pengecekan dapat dilakukan dengan cara memeriksa apakah daya yang digunakan memenuhi syarat maksimal atau tidak. Jika tidak, segera lakukan penggantian power supply.

Demikian ulasan terkait cara memperbaiki monitor LCD bergaris yang bisa dikerjakan sendiri tanpa harus membayar tukang service. Apabila kelima cara tersebut sudah dilakukan dan garis masih saja muncul pada layar monitor, maka segera konsultasikan dengan ahlinya.

Pencarian Popular

Cara memperbaiki monitor LCD bergaris

Leave a Reply

Your email address will not be published.