5 Cara Memindahkan Penyimpanan Internal ke Eksternal di Android Terbaru 2022

5 Cara Memindahkan Penyimpanan Internal ke Eksternal di Android Terbaru 2022

Penyimpanan internal pada ponsel jika sudah penuh akan menyebabkan ponsel terasa berat dan susah dioperasikan. Maka dari itu, diperlukan penyimpanan eksternal atau kartu SD agar bisa dipindahkan dan mengurangi kapasitas pada penyimpanan internal. Cara memindahkan penyimpanan internal ke eksternal di Android pun terbilang cukup mudah dan bisa dilakukan kapanpun.

Untuk Android yang memiliki RAM di bawah 3 GB, biasanya diperlukan bantuan penyimpanan eksternal. Jika hanya penyimpanan internal saja yang digunakan maka tidak akan bisa menampung semuanya. Maka dari itu, berikut lima Cara memindahkan penyimpanan internal ke eksternal  kartu SD yang bisa dicoba:

1. Menggunakan Cara Manual

Cara memindahkan penyimpanan internal ke eksternal di Android yang pertama adalah dengan membuka pengaturan di ponsel. Kemudian pilih tulisan penyimpanan. Lalu pilihlah menu format SD Card agar penyimpanan ponsel dapat beralih ke penyimpanan eksternal atau SD Card. Pastikan format penyimpanan sudah tertulis sebagai penyimpanan eksternal dan lakukan pemindahan format tersebut.

Jangan mengutak-atik ponsel saat proses tengah berlangsung. Setelah proses pemindahan sudah selesai, jangan lupa untuk memindahkan file aplikasi ke penyimpanan eksternal. Kemudian, ponsel akan secara otomatis memindahkannya. Maka kapasitas penyimpanan internal pada ponsel Android pun akan segera pulih dan tidak penuh lagi.

Baca Juga »  Ini 7 Cara Memindahkan Video Offline Youtube Ke Galeri, Mudah Dan Praktis!

2. Melalui Pengaturan Penyimpanan Aplikasi

Pada menu pengaturan di ponsel Android, terdapat sub menu penyimpanan aplikasi. Biasanya, penyebab penyimpanan internal cepat penuh adalah dikarenakan file yang dimiliki oleh beragam aplikasi tersebut. Langkah awalnya adalah dengan memilih satu per satu dari aplikasi yang dimiliki. Kemudian, pindahkan aplikasi tersebut ke kartu SD.

Tunggu hingga proses pemindahan selesai, dan jangan keluar dari laman pengaturan tersebut sampai proses selesai agar bisa berjalan sukses. Setelah selesai dari satu aplikasi, maka lakukan hal yang sama terhadap aplikasi lainnya. Meskipun cara ini membutuhkan waktu yang agak lama, tapi patut untuk dicoba karena pasti akan berhasil.

3. Menggunakan Bluetooth

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan Bluetooth. Bluetooth merupakan aplikasi bawaan yang ada di setiap ponsel Android. Proses pemindahannya diawali dengan mengaktifkan Bluetooth dan dibutuhkan dua perangkat ponsel sebagai pengirim dan penerima file aplikasi. Setelah itu, masuk ke pengaturan penyimpanan aplikasi dan pilih aplikasi yang akan dikirim ke ponsel penerima.

Baca Juga »  3 Cara Memindahkan Video Dari Instagram Ke Galeri Dengan Mudah

Setelah menerima file, tekan menu titik tiga pada pojok kanan atas di ponsel kemudian klik simpan file di penyimpanan eksternal atau kartu SD. Maka aplikasi pun akan tersimpan di penyimpanan eksternal tanpa takut penyimpanan internal akan penuh. Cara ini hanya memerlukan dua ponsel di mana salah satunya dijadikan sebagai perantara.

4. Menggunakan Aplikasi SHAREit

SHAREit merupakan aplikasi pemindah file yang cukup populer. Kinerja aplikasi ini pun cepat dan terbukti bisa memindahkan file. Langkah awalnya adalah dengan masuk ke aplikasi SHAREit, lalu pastikan terdapat ponsel lain sebagai perantara. Setelah itu, pilih pelbagai aplikasi yang akan dikirim. Tekan terima file di ponsel penerima atau perantara.

Jika sudah mendapatkan aplikasi tersebut, jangan lupa untuk memasangnya terlebih dahulu di ponsel. Lalu masuk ke menu pengaturan penyimpanan aplikasi dan pilih pindahkan aplikasi ke penyimpanan eksternal. Tunggu hingga proses pemindahan itu selesai, maka file serta aplikasi pun akan masuk ke penyimpanan eksternal.

Baca Juga »  Kenapa Fitur Repost Story Instagram tidak Muncul_ Ini Penyebabnya!

5. Melalui Pengelola File

Pengelola file merupakan aplikasi bawaan yang terdapat di setiap ponsel Android. Pilih menu tersebut, kemudian klik penyimpanan internal. Carilah tulisan aplikasi, jika sudah ketemu maka akan muncul berbagai aplikasi yang disimpan di penyimpanan internal. Pilih satu per satu aplikasi mana yang akan dipindahkan ke penyimpanan eksternal. Tunggu hingga selesai.

Itulah lima cara memindahkan penyimpanan internal ke eksternal di Android paling ampuh dan bisa langsung dipraktekkan. Dengan memindahkan file ke penyimpanan eksternal, maka ponsel tidak akan menjadi lemot. Selamat mencoba.

Pencarian Popular

amazon wildfires recovering,nordic regimen

Leave a Reply

Your email address will not be published.