5 Cara Memindahkan Data Fingerprint ke Komputer, Dijamin Anti, Gagal

5 Cara Memindahkan Data Fingerprint ke Komputer, Dijamin Anti, Gagal

Cara memindahkan data fingerprint ke komputer sangatlah mudah. Namun kenyataannya banyak pengguna, yang masih bingung untuk melakukan hal tersebut. Padahal, pemindahan data dilakukan agar data pada mesin fingerprint, dapat dibaca dan dipahami oleh komputer. Dengan begitu, pengguna tersebut, akan lebih mudah mengontrol dan melihat data absensi yang masuk secara otomatis.

Seperti yang diketahui bahwa, kegiatan absensi di era teknologi seperti sekarang ini, bisa dilakukan hanya dengan menggunakan sidik jari, melalui bantuan aplikasi fingerprint. Tujuannya, untuk menghindari pemalsuan absensi secara manual. Fingerprint merupakan mesin absensi yang mengandalkan pola sidik jari manusia. Berikut 5 Cara untuk melakukan pemindahan data fingerprint ke komputer:

1. Unduh dan Instal, Aplikasi Attendance Management

Aplikasi Attendance Management merupakan, aplikasi yang dibuat menggunakan Visual Basic 2010, dan menjadi aplikasi pembantu, untuk menghubungkan mesin fingerprint dengan komputer. Dengan aplikasi ini, mesin fingerprint dan komputer akan terhubung secara otomatis, tanpa bantuan kabel maupun alat lainnya. Sehingga pengelola absensi tidak perlu bolak-balik, untuk mengatur mesin fingerprint yang ada.

Semua pengontrolan mesin juga bisa diakses menggunakan aplikasi ini. Segala proses masuk dan keluar di dalam mesin, bisa diamati secara langsung, tanpa harus melihat mesin secara fisik. Software ini biasanya telah disediakan di dalam CD, saat melakukan pembelian bersama fingerprint. Jika belum tersedia, pengguna bisa mengunduhnya dan menginstalnya pada komputer.

Baca Juga »  Kelebihan dan Kekurangan Komputer Dibanding Perangkat Lain

2. Mengatur IP Address pada Mesin Fingerprint

Jika telah selesai menginstal aplikasi Attendance Management pada komputer, langkah berikutnya yaitu pengguna harus mengatur IP Address pada mesin fingerprint. Tujuan dilakukannya pengaturan ini, agar pengguna lebih mudah menghubungkan mesin fingerprint, dengan aplikasi yang telah diinstal sebelumnya pada komputer. Berikut cara mudah mengatur IP Address pada mesin fingerprint, di antaranya:

  • Pengguna dapat menekan tombol menu atau menekan OK pada mesin fingerprint, untuk bisa masuk ke menu utama mesin.
  • Pilihlah menu “Comm” yang tampil pada layar mesin.
  • Ketik langsung alamat IP yang sesuai keinginan, dan tekan OK.
  • Setelah itu, pengguna harus memastikan DHCP dalam keadaan mati, agar setting IP tidak berubah.

3. Koneksikan dengan Komputer

Langkah selanjutnya cara memindahkan data fingerprint ke komputer, yaitu dengan mengkoneksikan komputer dengan IP Address mesin. Namun sebelumnya, pengguna harus mengatur IP Address komputer terlebih dahulu, dengan IP Address yang sama dengan mesin yang telah dibuat. Jika semua pengaturan telah selesai, data akan terambil dengan sendirinya menyesuaikan dengan waktu yang telah ditentukan.

Baca Juga »  9 Aplikasi Android Terbaik 2020 Yang Wajib Install Di Smartphone

4. Mengunduh Data dari Mesin Fingerprint

Tahapan berikutnya cara memindahkan data fingerprint ke komputer, yakni dengan mengunduh data dari mesin fingerprint. Data yang diunduh nantinya, akan bisa dipindahkan ke komputer melalui bantuan aplikasi tersebut. Namun aplikasi memerlukan penerjemah data, untuk memudahkan pengguna dalam memahami dan membaca data tersebut. Untuk mengunduhnya, ikuti beberapa tahapan di bawah ini!

  • Klik tombol “Download user info” pada mesin.
  • Kemudian klik “All user” yang muncul di layar mesin.
  • Pilih “User in device” untuk pengguna dapat melihat data sidik jari yang berhasil dipindai.
  • Langkah terakhir, klik “Download” apabila data sidik jari belum terlihat juga.
Baca Juga »  6 Aplikasi Pengedit Foto dan Video Gratis Untuk Smartphone

5. Pindahkan Data ke Komputer

Pemindahan data pada komputer sudah bisa dilakukan, setelah semua data pada mesin fingerprint telah diunduh melalui aplikasi. Pemindahan dilakukan dengan tujuan, agar data berpindah dari mesin ke komputer. Pengguna juga bisa memilih dan menyaring data yang akan diambil, sesuai dengan tanggal dan waktu yang diinginkan. Berikut cara lengkapnya, di antaranya:

  • Klik menu data dan pilih pengaturan USB yang muncul di layar.
  • Kemudian pilih “Self service reader” yang tersedia.
  • Tekan impor dan
  • Selanjutnya, pilih “import from U disk” untuk memindah data yang diinginkan.

Beberapa cara memindahkan data fingerprint ke komputer diatas, sudah banyak dilakukan di luar sana. Pasalnya, penggunaan mesin fingerprint sudah banyak di berbagai instansi. Pengguna hanya perlu membaca secara teliti dan cermat buku panduan yang telah tersedia dalam kemasan mesin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.