cara melihat spek laptop windows 8

5 Cara Melihat Spek Laptop Windows 8 yang Mudah Diterapkan

Mengetahui spek laptop windows 8 saat ingin membeli atau sedang ingin melakukan program tertentu pada laptop menjadi hal penting agar tidak salah memberi tindakan. Cara melihat spek laptop Windows 8 memang tergolong mudah, tapi kalau belum mengetahui prosedurnya tentu saja percuma.

Cara tersebut dilakukan untuk mengatasi masalah yang akan dihadapi oleh pengguna laptop Windows 8, beberapa referensi tentu sangatlah diperlukan. Hanya saja perlu diketahui bahwa caranya tidak hanya satu, ada 5 cara mudah yang bisa diterapkan oleh pengguna. Berikut diantaranya:

1. Gunakan Aplikasi CPU-Z

Sebagai upaya untuk melihat spesifikasi laptop Windows 8 dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna harus menginstal aplikasinya melalui situs resminya di internet. Bila sudah selesai, berikutnya tinggal menjalankan saja supaya aplikasi CPU-Z bisa dioperasikan.

Apabila aplikasi CPU-Z sudah bisa dijalankan, tandanya aplikasi akan menampilkan informasi penting yang berhubungan dengan spesifikasi Windows 8. Jenis informasinya tentu saja berupa RAM, jenis prosesor, beberapa informasi penting seperti versi dan lain sebagainya.

Baca Juga »  Cara Instal Printer Brother DCP-T310 Tanpa CD + Cara Print

2. Pakai Aplikasi Speccy

Aplikasi Speccy juga bisa dijadikan sebagai cara melihat spek laptop Windows 8 yang mudah diterapkan. Langkah menggunakan cara ini yaitu cukup download CCleaner. Mengapa CCleaner? Sebab aplikasi ini merupakan cabang dari situs tersebut.

Bila sudah diunduh, lanjutkan saja dengan mengoperasikannya untuk menginstal aplikasi. Setelah selesai, langsung saja buka aplikasinya, otomatis akan tampil deretan informasi seputar laptop Windows 8. Mulai dari kapasitas RAM, versi, bahkan prosesornya. Bahkan tidak hanya berlaku pada Windows ini saja, laptop dengan Windows lain pun bisa juga dilihat spesifikasinya melalui Speccy.

3. Gunakan Tool Dxdiag

Menggunakan tool Dxdiag adalah cara selanjutnya yang bisa dilakukan. Klik tombol Windows + R. Tujuannya menampilkan aplikasi RUN di laptop. Bila aplikasinya sudah muncul, masukkan pada kolom program searching tulisan “dxdiag”. Lanjut, klik OK.

Bila langkah pencarian sudah selesai, maka otomatis akan muncul pop up baru, yakni DirectX Diagnostic Tool. Pada jendela tersebut akan tampil spesifikasi laptop yang ingin dilihat. Pastinya meliputi informasi kapasitas RAM, prosesor maupun versinya serta berbagai ragam informasi lainnya.

Baca Juga »  Cara Membersihkan Layar Laptop yang Benar, Jangan Asal!

4. Gunakan File Explorer

Menggunakan File Explorer juga bisa menjadi alternatif cara melihat spek laptop Windows 8. Pengguna harus menekan tombol Windows + E. Selanjutnya akan tampil halaman Explorer pada layar. Hal yang perlu dilakukan ketika halaman ini sudah tampil, klik kanan pada mouse atau laptop, lalu pilih opsi Properties.

Bila sudah, akan tampil pop up baru yang memuat informasi seputar spek laptop Windows 8. Tentu saja informasinya yaitu meliputi jenis prosesor, versi dari Windows 8 dan lainnya seperti informasi terkait kapasitas RAM. Penggunaan tool ini hanya bisa digunakan untuk melihat spesifikasi laptop saja tidak lebih seperti alat sebelumnya.

5. Pakai Aplikasi CMD

CMD juga bisa diandalkan untuk melihat spek laptop Windows 8. Pengguna hanya perlu menekan tombol Windows + R untuk menampilkan halaman aplikasi RUN. Pada jendela aplikasi tersebut nantinya akan tampil kolom searching. Tentu saja pengguna harus mengetik “cmd” lanjutkan dengan mengklik OK agar nantinya aplikasi akan tampil di layar.

Baca Juga »  Mudah dan Cepat, Berikut Ini 5 Cara Restart Laptop dengan Keyboard!

Setelah itu, lanjutkan dengan memasukkan instruksi “msinfo32” untuk menampilkan informasi terkait spesifikasi laptop Windows 8. Dalam hal ini, seluruh spesifikasi laptop akan muncul dan memungkinkan pengguna untuk mengetahuinya.

Nah, itulah deretan cara melihat spek laptop Windows 8 yang bisa diterapkan dengan mudah oleh pengguna. Tinggal memilih salah satunya dan sesuaikan langkah-langkahnya seperti yang sudah dipaparkan di atas. Tentu saja untuk menghindari error dan kegagalan dalam upaya mengetahui spesifikasi laptop dengan jenis Windows tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.