cara agar wifi tidak lemot di hp

5 Cara Agar WiFi Tidak Lemot Di HP Dengan Mudah

Menggunakan jaringan WiFi memang kadang lebih lancar ketimbang menggunakan data seluler. Namun tak menutup kemungkinan juga bahwa jaringan WiFi juga bisa lemot. Nah berikut ini adalah beberapa cara agar wifi tidak lemot di hp yang sekiranya bisa pengguna praktekkan.

Wifi lambat dan lemot ini tentunya karena suatu alasan, entah karena sedang ada perbaikan jaringan atau semacamnya. Namun bisa juga wifi lemot tersebut karena masalah pada ponsel pengguna. Untuk itu, mari simak uraiannya:

1. Manfaatkan Menu Setting

Pada setiap android, pasti ada yang namanya menu setelan atau setting, bisa dibuka melalui ikon bergerigi atau aplikasi setting. Cara pertama untuk memperbaiki jaringan WiFi, adalah dengan menggunakan menu tersebut. Jadi pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi.

  • Karena cara ini menggunakan fitur yang ada di menu setting, maka cara pertama adalah dengan masuk pada menu setting.
  • Kemudian pada halaman setting atau pengaturan, pengguna bisa coba masuk pada menu tentang ponsel.
  • Pada halaman selanjutnya, pengguna bisa tap tiga kali pada menu penyimpanan internet.
  • Setelah itu tap Opsi WLAN informasi, lalu langkah selanjutnya pilih opsi WLAN status.
  • Lalu pada bagian refresh stats, bisa tap tiga kali, cara ini bisa pengguna praktekkan bagi pengguna Xiaomi.
Baca Juga »  Cara Menggunakan Pengelola Memori RAM bawaan Android

2. Lepas Case Ponsel

Meski terdengar tidak masuk akal, namun cara ini bisa dicoba bila sinyal wifi tidak lancar. Apalagi jika case milik pengguna merupakan case yang terbuat dari logam, yang bisa mengganggu sinyal internet. Case logam juga bisa membuat jaringan memburuk.

Bila ponsel pengguna memang menggunakan pelindung berupa case, maka bisa coba lepas terlebih dahulu. Cek apakah setelah di lepas sinyal pada ponsel menjadi lebih baik. Jika benar, maka mungkin masalah yang terjadi adalah karena menggunakan case.

3. Ubah Frekuensi

Ketiga mengenai cara agar wifi tidak lemot di hp adalah dengan mengubah frekuensi pada ponsel. Kebanyakan hp lama menggunakan frekuensi 2.4 GHZ dan sudah memiliki kualitas sinyal yang bagus. Namun karena banyak yang menggunakannya, tentu akan mengurangi kualitas tersebut.

Baca Juga »  Cara Mengatasi HP Panas Batre Tanam, Gampang!

Bila memang seperti itu, maka pengguna bisa coba ubah frekuensi ke 5GHZ. Karena frekuensi tersebut masih belum banyak yang menggunakannya. Untuk mengubah, pengguna bisa masuk menu setelan, kemudian tap WiFi, lalu opsi advanced. setting kemudian klik WiFi frequency band

4. Pindahkan Router

Jika ponsel pengguna tidak memiliki masalah apapun soal penangkap sinyal, maka bisa coba dengan memindahkan router. Router ini merupakan alat yang digunakan untuk menangkap sinyal. Mungkin router saat ini berada pada tempat dengan jangkauan sinyal terbatas.

Bila ponsel jauh dengan router, maka bisa jadi sinyal menjadi lebih lemot. Sebab itu pengguna bisa coba dengan memindahkan router pada tempat yang dekat dengan pengguna. Atau yang lebih mudah, pengguna bisa duduk di dekat router.

Baca Juga »  Cara Menyambungkan HP ke TV, Pengalaman Menonton Lebih Seru

5. Ubah Password WiFi

WiFi yang memiliki banyak pengguna juga akan membuat sinyal WiFi menjadi lemot dan lambat. Tentu pengguna tidak akan menyuruh orang lain untuk berhenti menggunakan WiFi tersebut. Namun agar sinyal kembali lancar, pengguna bisa coba ubah passwordnya.

Bila password sudah diganti, maka otomatis orang lain tidak akan ikut menggunakan WiFi jika tidak diberitahu passwordnya. Selain itu ganti dengan sandi yang rumit seperti menggunakan kombinasi angka, huruf dan tanda. Agar password WiFi nantinya akan sulit dibobol.

Demikian adalah lima cara agar wifi tidak lemot di hp yang bisa pengguna coba. Bila cara tersebut masih saja tidak bisa mengatasi masalah yang terjadi, maka bisa coba gunakan aplikasi penguat sinyal. Aplikasi penguat sinyal juga sudah banyak macamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.