5 Aplikasi Rekam Layar Terbaik untuk PC

5 Aplikasi Rekam Layar Terbaik untuk PC

Pada Aplikasi perekam layar atau screen recorder merupakan salah satu aplikasi yang makin dicari belakangan ini. Dengan screen recorder, para pengguna PC bisa melakukan streaming game atau merekam momentum tertentu. Banyak sekali aplikasi perekam layar yang tersedia untuk PC. Berikut ini rangkuman 5 aplikasi rekam layar terbaik untuk PC, antara lain:

1. OBS Studio

OBS Studio merupakan software screen recorder untuk sumber terbuka dan free-to-use  yang juga berfungsi ganda sebagai pembantu streaming. Hal ini ditandai dengan perekaman dan pencampuran video atau audio kinerja tinggi secara real-time. Fitur utamanya adalah pengguna dapat menampilkan jumlah adegan yang tidak terbatas yang terdiri dari berbagai sumber.

Pengguna juga mendapatkan kontrol audio penuh dengan fitur bagus seperti noise gate, noise suppression, dan gain, untuk output audio yang jernih dan tajam. Beralih antar adegan juga sangat mulus, berkat penyertaan transisi khusus. Lebih baik lagi, OBS terbuka untuk hotkey dan konfigurasi seperti wizard untuk kenyamanan tertinggi.

Baca Juga »  Aplikasi Pengubah Suara Saat Menelpon Dan Spesifikasinya

2. Bandicam

Alat perekam layar desktop dan perangkat lunak perekaman video atau game yang membawa mode perekaman berbeda yaitu mode perekaman game, mode perekaman perangkat, mode perekaman video, dan mode rekaman layar. Bandicam adalah software screen recorder yang direkomendasikan untuk  menghasilkan video pendek terutama video tutorial untuk YouTube.

Menggunakan codec H.264 Nvidia dalam kemampuan merekamnya, Bandicam memiliki kemampuan untuk mengompres file ke ukuran yang lebih ringan. Namun tetap dapat mempertahankan kualitas karya atau video asli. Fungsi perekaman game Bandicam memungkinkan pengguna untuk merekam video game dan sesi game yang konteks atau programnya menggunakan teknologi grafis DirectX/OpenGL.

3. Camtasia

Camtasia adalah perekam layar dan editor video all-in-one untuk setiap pengguna yang ingin menangkap dan membuat screencast yang terlihat profesional. Dengan itu, pengguna dapat merekam seluruh layar, wilayah, jendela aplikasi, dan dimensi tertentu yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga »  Ini Dia 4 Cara Mudah Mengatasi Iphone Tidak Bisa Update Aplikasi

Pengguna juga dapat menambahkan sentuhan pribadi ke video utama dengan menggabungkan pengambilan audio dan video yang tajam menggunakan webcam. Dalam hal audio, pengguna memiliki kesempatan untuk merekam dari mikrofon atau suara komputer seperti dalam permainan.

4. Flashback Express

Pada aplikasi rekam layar terbaik untuk PC yang selanjutnya adalah Flashback Express. Aplikasi Flashback Express menghadirkan perekam layar yang intuitif dan editor yang kuat untuk memastikan bahwa semua klip tidak hanya menarik tetapi juga sangat informatif. Pada tingkat inti, program tangkapan layar ini memungkinkan pengguna merekam layar, dan webcam bersama dengan suara yang menyertainya.

Selain itu, rekaman dapat ditingkatkan lebih lanjut melalui penerapan panah, keterangan, gambar, dan lain-lain. Pengguna juga terbuka untuk opsi pemangkasan video untuk menghapus bagian yang tidak diinginkan sebelum berbagi. Lebih baik lagi, pengguna dapat menambahkan komentar menggunakan mikrofon atau menyertakan musik eksternal untuk membuat screencasting lebih menarik.

Baca Juga »  6 Aplikasi Teks Berjalan di Kamera Wajib Dicoba!

5. Screencastify

Screencastify adalah ekstensi Chrome offline yang menawarkan cara untuk merekam, mengedit, dan berbagi screencasts dalam Full HD tanpa harus menginstall. Lebih spesifik, pengguna dapat menangkap tab browser tertentu, seluruh layar, atau hanya webcam.

Aplikasi perekaman layar ini juga membuat audiens tetap fokus menggunakan berbagai opsi anotasi seperti pena gambar, lampu sorot mouse, dan menyorot klik mouse. Hebatnya, Screencastify menyimpan rekaman secara otomatis di Google Drive dan menawarkan berbagi langsung ke YouTube.

Itulah penjelasan 5 aplikasi rekam layar terbaik untuk PC yang mungkin bisa dicoba. Semua aplikasi yang disebutkan diatas ada yang bisa digunakan secara gratis dan ada yang berbayar. Tinggal pilih mana yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published.