5 Aplikasi Pengukur Jarak Sepeda, Tepat dan Akurat!

5 Aplikasi Pengukur Jarak Sepeda, Tepat dan Akurat!

Di masa pandemi ini, olahraga sangatlah penting. Salah satu olahraga luar ruangan yang paling diminati untuk saat ini adalah bersepeda. Dengan rajin bersepeda berjarak tertentu akan membantu tubuh untuk menjaga metabolisme tetap stabil. Namun untuk mengetahui jarak tempuh, tentu akan sulit jika sepeda tidak dilengkapi dengan spidometer. Aplikasi pengukur jarak sepeda akan dapat membantu mengatasi permasalahan ini.

Banyak sekali aplikasi Android maupun iPhone yang dapat mengukur jarak tempuh. Biasanya aplikasi-aplikasi tersebut mengandalkan GPS untuk menghitung jarak tempuh yang sudah atau akan dilalui. Beberapa aplikasi tersebut pun dapat di install di smartwatch sehingga memudahkan penggunaannya. Berikut ini beberapa aplikasi yang dapat membantu mengukur jarak tempuh saat bersepeda.

1. Upbike

Upbike merupakan aplikasi pendukung bagi orang yang hobi bersepeda. Aplikasi yang dikembangkan oleh Tracking Deluxe ini dapat mengukur jarak tempuh, laju kecepatan, durasi bersepeda, serta jumlah kalori yang sudah terbakar. Dari beberapa data tersebut, aplikasi ini menyajikan statistik dari kegiatan yang telah dilakukan. Statistiknya pun juga mencakup statistik harian sehingga pengguna dapat memantau perkembangan olahraga hariannya.

Baca Juga »  Gunakan dan Pilih Aplikasi 3D Android Terbaik, Proses Mendesain Mudah Cepat!

Kelebihan lainnya dari aplikasi ini adalah, Upbike dapat dijalankan meski tanpa jaringan internet. Saat menjalankannya, aplikasi ini mengandalkan GPS untuk menentukan lintasan, jarak, serta waktu tempuh saat bersepeda. Dengan kelebihan tersebut, aplikasi ini akan tetap dapat dijalankan meski sedang bersepeda ke tempat yang susah mendapatkan sinyal internet.

2. Relive

Relive adalah aplikasi pengukur jarak sepeda yang cukup populer yang dikembangkan oleh Relive BV. Relive sendiri memiliki sebuah fitur unik yang tidak dimiliki aplikasi lain. Dalam aplikasi ini pengguna dapat membuat video yang menampilkan rute ke dalam peta 3D. Dalam video ini pun diperlihatkan statistik kegiatan pengguna seperti jarak tempuh, durasi, dan elevasi.

3. Strava

Aplikasi pendamping olahraga kardio yang satu ini juga tak kalah menarik. Selain memantau aktivitas bersepeda, Strava juga dapat memantau aktivitas olahraga kardio lain seperti lari dan renang. Beberapa data yang dicatat oleh aplikasi ini adalah map, jarak tempuh, durasi, dan juga pace. Dalam aplikasi ini juga ada tantangan bulanan yang dapat membantu pengguna untuk terus berkembang.

Baca Juga »  Wajib Tahu, Ini 5 Aplikasi Kamera Yang Tidak Ada Di Playstore Beserta Fitur-fiturnya

Strava pun diunduh lebih dari 10 juta unduhan dengan nilai 4,3. Hal tersebut dapat terjadi dan terbukti karena aplikasi ini memiliki fitur yang sangatlah lengkap dan jarang menemui masalah dalam penggunaannya. Selain untuk mencatat aktivitas luar ruangan, Strava juga dapat mencatat olahraga lain seperti yoga, crossfit, indoor running, dan juga indoor cycling.

4. MapMyRide

Aplikasi selanjutnya adalah MapMyRide. Seperti aplikasi lainnya, aplikasi yang satu ini dapat mencatat aktivitas olahraga pengguna dan menampilkan statistiknya. Selain mencatat aktivitas bersepeda, aplikasi ini bahkan dapat mencatat lebih dari 600 aktivitas lainnya. MapMyRide bahkan didukung langsung oleh Under Armor, yaitu merupakan salah satu perusahaan produk olahraga terbesar di dunia.

Baca Juga »  Rekomendasi Aplikasi Trading Saham Terbaik, Yuk Simak!

5. Ride With GPS

Aplikasi yang terakhir adalah Ride With GPS yang dikembangkan oleh Ride with GPS. Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi olahraga yang memiliki akurasi sangat tinggi pada mapnya. Dengan akurasi yang tinggi, pengguna dapat lebih mudah merencanakan aktivitas bersepeda dengan memilih jalur yang tepat sesuai kemampuan. Bahkan aplikasi ini juga dapat mengukur heart rate dari pengguna.

Itulah tadi aplikasi pengukur jarak sepeda yang dapat diunduh secara gratis. Dengan aplikasi di atas tentunya akan memudahkan bagi para penggiat aktivitas bersepeda untuk menentukan target. Bagi orang yang berniat menguruskan tubuh pun juga akan sangat berguna, karena beberapa aplikasi di atas dapat menghitung jumlah kalori yang sudah terbakar. Selain itu, dengan statistik yang dihadirkan akan membantu pengguna untuk meningkatkan progres harian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.