5 Aplikasi Edit Rekam Suara Paling Mudah dan Lengkap Fiturnya!

5 Aplikasi Edit Rekam Suara Paling Mudah dan Lengkap Fiturnya!

Era digitalisasi menuntut masyarakat kini untuk mengikuti tren yang tengah berlangsung dengan berbagai skill yang harus dimiliki. Terlebih saat ini berbagai tren di dunia digital dapat diciptakan dan diakses oleh semua orang, salah satunya adalah podcast. Inilah pentingnya mengenal aplikasi edit rekam suara agar konten kreator dapat berkreasi semudah mungkin.

Selain sebagai pengisi waktu senggang, pembuatan konten digital seperti podcast juga dapat meraup banyak keuntungan apabila menarik audiens. Oleh karena itu, dibutuhkan platform yang sederhana dan mudah dipelajari untuk memulai pembuatan konten. Berikut di antaranya:

1. WaveEditor

Aplikasi yang pertama adalah WaveEditor yang memungkinkan kreator untuk langsung merekam suara melalui aplikasi. WaveEditor menawarkan fitur editing seperti zooming, panning, dan selection untuk menghasilkan kualitas konten yang bermutu.

Selain itu, terdapat macro processes sebagai pelengkap untuk menambah kualitas audio, seperti fade, invert, hingga reverse. Jadi, kreator dapat menyesuaikan editing dengan kebutuhan dalam satu project, seperti memotong hingga menambahkan berbagai audio.

2. Bandlab

Sebagai aplikasi yang paling terkenal bagi konten kreator podcast, musisi, hingga penyanyi band dalam berkreasi, Bandlab tidak tanggung-tanggung dalam menawarkan fiturnya. Bandlab memiliki fitur 12 track mix editor, looper, dan mastering dengan berbagai kegunaan. Selain itu, terdapat juga fitur menarik seperti mixing, converting, hingga panning.

Aplikasi khusus untuk HP ini dilengkapi dengan instrumen musik seperti gitar, bass, dan drum sehingga sangat cocok untuk musisi dalam latihan merekam lagu. Canggihnya, rekaman vokal dapat disesuaikan oleh kreator dengan nada atau elemen audio lain dengan adanya fitur AutoPitch.

Baca Juga »  Cara Kunci Aplikasi di iPhone, Lebih Mudah  Tanpa Aplikasi Tambahan

3. Lexis Audio Editor

Apabila mencari aplikasi edit suara untuk software yang terbaik saat ini, Lexis Audio adalah jawabannya. Kreator dapat mengoperasikan Lexis Audio baik di Android dan iOS kendati fitur-fitur yang disediakan di PC jauh lebih lengkap. Lexis Audio juga cukup baik untuk pemula yang tengah belajar merekam dan mengedit suara di HP karena tampilan UI aplikasi yang cukup sederhana.

Lexis hadir dengan berbagai fitur yang mendukung proses rekam dan edit suara seperti noise reduction, echo, pitch, reverb, hingga tempo adjustments. Selai merekam secara langsung, kreator juga dapat mengimpor baik audio utama maupun audio pendukung dari perangkat. Format konten yang dapat dihasilkan pun beragam, mulai dari M4A, WAV, hingga MP3

Baca Juga »  Android Lemot Aplikasi Menambah RAM HP Android ini Solusinya!

4. Equalizer Pro – Volume Booster & Bass Booster

Aplikasi yang satu ini mengunggulkan kemampuan untuk mengedit audio secara jernih dengan adanya volume amplifier. Kreator dapat merekam secara langsung audio melalui aplikasi dan diedit dengan variasi efek suara dalam berbagai genre seperti jazz, classical, acoustic, hiphop, dan lain sebagainya.

Equalizer Pro juga memungkinkan kreator untuk mengeksplorasi lebih jauh efek bass booster sehingga kualitas audio dalam podcast atau lagu dapat lebih jernih. Bahkan, terdapat fitur untuk menghasilkan kualitas suara bass yang sangat cocok untuk didengarkan melalui headphone. Aplikasi ini juga mudah untuk dioperasikan dan dikontrol dengan tampilan yang tidak terlalu rumit.

5. Anchor

Anchor merupakan aplikasi andalan bagi banyak podcaster untuk merekam dan mengedit suara secara instan dalam satu aplikasi. Bahkan, Anchor memungkinkan satu kreator untuk merekam suara dengan kreator lainnya di tempat yang berbeda. Inilah yang membuat Anchor menjadi salah satu aplikasi edit rekam suara terbaik bagi kreator.

Baca Juga »  Beli Aplikasi Android dengan Pulsa Telkomsel, Simak Cara Mudahnya!

Anchor dilengkapi baik dengan built-in mic maupun mikrofon eksternal yang menjaga audio untuk tetap berkualitas tinggi. Tidak hanya itu, kreator juga dapat mengimpor audio dari berbagai sumber dan mengedit dengan beragam efek suara atau transisi. Setelah itu, link konten yang sudah jadi dapat dibagikan dengan mudah ke berbagai platform.

Demikian rekomendasi aplikasi edit rekam suara yang dapat dioperasikan oleh konten kreator dalam memproduksi baik podcast maupun musik sederhana. Berbagai filter dan efek suara yang ditawarkan oleh masing-masing aplikasi tentu akan memberikan pengalaman baru bagi pendengar konten. Terlebih apabila terdapat elemen pendukung yang sesuai tren yang berkembang saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.