4 Cara Merawat Baterai iPhone Agar Battery Health Tahan Lama! (flickr.com)
4 Cara Merawat Baterai iPhone Agar Battery Health Tahan Lama! (flickr.com)

4 Cara Merawat Baterai iPhone Agar Battery Health Tahan Lama!

Cara merawat baterai iPhone agar tetap awet dan tidak mudah habis perlu para penggunanya ketahui. Jika Anda pengguna iPhone, pasti sudah mengerti bahwa baterai mereka terkenal boros.

Smartphone besutan Apple tersebut memang sudah tidak dipungkiri lagi menjadi salah satu ponsel mewah yang ada di Indonesia. Salah satu keunggulan dari iPhone adalah sistem operasi mereka yang eksklusif dan juga kamera yang ciamik. Meski demikian, iPhone memiliki kekurangan pada baterai.

Baterai iPhone memiliki tingkat kesehatan atau Battery Health. Jika tidak dijaga dengan benar, maka kesehatan baterai iPhone Anda akan lebih mudah menurun.

Cara Merawat Baterai iPhone agar Lebih Awet

Setiap ponsel pasti memiliki batas kesehatan mereka sendiri-sendiri, termasuk milik iPhone. Penggunaan yang semakin lama pasti juga akan mempengaruhi kesehatannya.

Battery Health atau kesehatan baterai yang dimaksud di sini adalah durasi pemakaian baterai. Apabila usia baterai sudah lama, sudah pasti akan berpengaruh besar terhadap durasi pemakaian baterai.

Baca Juga »  Jangan Tertipu, yuk Simak Tips Membeli iPhone Bekas yang Benar!

Jika sudah seperti itu, maka kegiatan di ponsel pasti akan sangat terganggu. Namun, para pengguna iPhone tidak perlu bersedih hati karena ada beberapa cara untuk menjaga kualitas baterai Anda. Penasaran? Ikuti beberapa tips ini.

1. Hindari Suhu yang Terlalu Tinggi

Ketika ponsel yang dimainkan terlalu lama, maka suhu mereka pasti akan meningkat. Tahukan Anda bahwa peningkatan suhu tersebut bisa berakibat buruk pada kinerja iPhone?

Apple sudah menjelaskan bahwa iPhone dirancang untuk bekerja di suhu ruangan antara 16 hingga 22 derajat Celcius. Untuk itulah, sebagai cara merawat baterai iPhone, hindari berada di lingkungan yang bersuhu tinggi.

Selain itu, jangan mainkan iPhone saat sedang mengisi daya karena dapat meningkatkan suhu dengan cepat.

2. Gunakan Charger Asli atau MFI

Saat membeli iPhone secara resmi, pasti Anda sudah mendapatkan peralatan lengkap, termasuk charger di dalamnya. Nah, agar baterai iPhone tetap awet dalam waktu lama, selalu gunakan charger bawaan tersebut.

Baca Juga »  Cara Memblokir Youtube di Iphone dan Android

Apple memiliki program yang bernama MFI. Program tersebut menawarkan lisensi kepada vendor charger. Dengan lisensi tersebut, vendor charger pihak ketiga harus lulus uji dan memenuhi persyaratan keamanan untuk produk Apple. Mengisi daya tanpa charger asli atau MFI hanya akan membuat baterai iPhone cepat rusak.

3. Lakukan Pembaruan Perangkat Lunak Secara Rutin

Apple biasanya akan memberikan pembaruan perangkat lunak atau sistem operasi untuk iPhone. Biasanya perangkat lunak baru akan membawa fitur yang cukup penting, termasuk fitur yang memungkinkan untuk menjaga kesehatan baterai.

Dengan begitu, sebaiknya Anda selalu rutin melakukan pembaruan perangkat lunak sebagai cara merawat baterai iPhone agar kinerjanya lebih optimal.

4. Isi Daya Hingga 50 Persen Sebelum Menyimpan iPhone

Ini mungkin menjadi tips yang sepele tetapi pada kenyataannya sangat penting. Apabila Anda akan menyimpan iPhone dalam waktu yang cukup lama, maka sebaiknya jangan biarkan dalam keadaan baterai kosong. iPhone yang tersimpan dalam kondisi daya kosong akan mempengaruhi kemampuan baterai dalam mengisi dan menyimpan daya.

Baca Juga »  Cara Menggunakan Spotify Offline, Baik Versi Premium maupun Versi Gratis

Lebih baik isi terlebih dahulu daya iPhone hingga sekitar 50 persen. Jika sudah, kemudian segera matikan iPhone dan simpan di tempat yang sejuk. Apabila Anda menyimpan iPhone dalam keadaan habis daya, maka ditakutkan nantinya perangkat tidak bisa menyimpan daya lagi saat akan digunakan.

Kualitas baterai memang akan sangat mempengaruhi kinerja ponsel. Oleh sebab itu, selalu lakukan cara merawat baterai iPhone agar kesehatan atau Battery Healthnya tetap terjaga. Dengan begitu, iPhone akan menjadi lebih awet dan tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.