4 Cara Menambah RAM HP Samsung Agar Performanya Makin Meningkat (cnet.com)

4 Cara Menambah RAM HP Samsung agar Performanya Makin Meningkat

Tidak semua tipe smartphone Samsung punya RAM besar. Ya, terdapat banyak tipe yang hanya mempunyai RAM 1GB atau 2GB saja. Dengan RAM yang hanya sekecil itu, maka membuat performa HP akan sangat lemot. Sebagai solusinya admin sarankan untuk mencoba cara menambah RAM HP samsung berikut ini!

Bagaimana Cara Menambah RAM HP samsung? Temukan Disini!

Random Acces Memory alias RAM adalah hardware yang ada di dalam perangkat gadget, seperti smartphone, laptop, dan komputer. Fungsi RAM yaitu sebagai tempat menyimpan data sementara serta hanya bekerja ketika perangkat itu beroperasi atau hidup.

Sebetulnya, seluruh smartphone Android dari dulu dapat menambahkan RAM, hanya saja memang kalau dulu membutuhkan akses root untuk melakukannya. Namun hal ini dalam artian hanya RAM virtual saja, bukan RAM fisik.

Untuk Anda yang penasaran dengan cara menambah RAM HP Samsung, berikut beberapa tips yang dapat Anda pakai baik tanpa root maupun dengan root.

Memakai Fitur RAM Plus

RAM Plus merupakan salah satu fitur yang terdapat pada One UI 4.0  ke atas. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menambah RAM secara virtual. RAM Plus akan memakai penyimpanan internal sebagai memori virtual untuk pengguna Samsung yang ingin menjalankan aplikasi maupun game berat.

Baca Juga »  Kelebihan Download Aplikasi Youtube Go Versi Terbaru

Tetapi, tak semua smartphone Samsung berbekal fitur RAM Plus ini. Sehingga, silahkan mengecek dulu apakah HP Anda support RAM Plus atau tidak.

Bagi pengguna One UI 4.0 otomatis RAM Plus bakal langsung ditambah sesuai ukuran RAM fisik HP Anda. Apabila telah memakai One UI 4.1 memungkinkan Anda untuk mengubah kapasitas RAM Plus dari 2GB hingga 8GB.

Apabila Anda sudah mengupgrade HP Samsung Galaxy ke One UI 4.1, maka Anda bisa mengubah RAM Plus. Anda dapat menambahkan maupun mengurangi ukuran virtual memory.

  • Silahkan masuk ke menu Pengaturan ponsel Samsung.
  • Pilihlah opsi “Baterai dan perawatan perangkat”.
  • Lalu klik “Memori” dan tekan “RAM Plus”.
  • Berikutnya, pilih RAM 2GB, 4GB, 6GB, atau 8GB.
  • Sesudahnya lakukan restart.

Catatan: Admin sarankan untuk pili sesuai kebutuhan, apabila HP Anda memakai RAM 6GB, admin rasa cukup menambah 2GB saja. Perlu Anda ingat, virtual RAM ini bakal mengambil sebagai memori internal HP.

Baca Juga »  Cara Mengatasi HP Panas Batre Tanam, Gampang!

Uninstal Aplikasi Tak Terpakai

Cara menambah RAM HP samsung selanjutnya yaitu dengan mencopot aplikasi yang tidak Anda pergunakan lagi. Aplikasi berukuran besar yang banyak diinstal pada ponsel bakal menyebabkan RAM cepat penuh. Sehingga, Anda perlu mengatasinya supaya performa akses di ponsel menjadi tidak berat.

Swap – No Root

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat Swap file pada perangkat Android. Mungkin Anda pernah mendengar tentang istilah swap, ini berguna sebagai memori cadangan ketika sistem mengalami kekurangan RAM. Berikut cara menambah RAM HP samsung dengan aplikasi Swap – No Root.

  • Silahkan instal aplikasi Swap No Root lewat Google Play Store kemudian jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada bagian Swap Size is 512 (default). Apabila hendak menambahkan 1 GB isi 1024, serta jika ingin 2GB tulislah 2048.
  • Kemudian klik “Create Swap”.
  • Langkah setelahnya tap menu “Watch Ad to gain 1 energy”.
  • Lalu lihat hingga selesai, nanti akan memperoleh 1 energy.
  • Berikutnya klik “Yes” untuk membuat swap file.

Catatan : Swap bakal mengambil sebagian memori internal HP.

SmartPack-Kernel Manager

Aplikasi SmartPack-Kernel Manager ini memungkinkan Anda untuk membuat zRAM. Tentu saja, metode zRAM ini lebih efektif ketimbang Swap, namun butuh akses root untuk menjalankannya.

  • Silahkan instal aplikasi Smart Pack-Kernel Manager lalu buka aplikasinya dan klik “ikon menu” di kiri atas.
  • Lalu gulirkan ke bawah dan pilihlah “Virtual Memory”.
  • Di bagian Z-RAM geser slide sesuai ukuran yang Anda inginkan. Akan lebih baik diatur setengah dari RAM ponsel Anda. Apabila RAM di ponsel 2GB, silahkan atur ke 1024 MB (1 GB).
  • Berikutnya, di “Algoritma Z-Ram” pilihlah LZO atau LZ4 bergantung pada kernel perangkat Android Anda.
  • Sesudahnya, nyalakan saklar Apply On Boot dan Virtual Memory Tunable.
  • Berikutnya, reboot perangkat Samsung Anda.
Baca Juga »  Pengertian WiFi, Cara Kerja dan Fungsinya

Sekarang, virtual RAM sudah sukses Anda buat. Apabila ingin menghapusnya silahkan klik tombol “Delete”

Nah, itulah berbagai cara menambah RAM HP samsung. Terapkan cara tersebut supaya performa ponsel bisa meningkat, sehingga pengoperasiapn HP pun jadi lancar dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.