12 Rekomendasi Layanan Web Hosting Gratis Paling Populer (pixabay.com)
12 Rekomendasi Layanan Web Hosting Gratis Paling Populer (pixabay.com)

12 Rekomendasi Layanan Web Hosting Gratis Paling Populer

Untuk mengelola sebuah website, Anda dapat menggunakan layanan web hosting gratis. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini sudah terdapat beberapa layanan untuk web hosting gratis. Meskipun gratis, tapi memiliki kualitas yang terbaik.

Rekomendasi Layanan Web Hosting Gratis

Saat ini merawat dan membuat situs web tidaklah terlalu sulit. Anda hanya memerlukan web hosting untuk proses pembuatan yang sangat mudah serta nama domain agar tampilan menjadi profesional.

Sebagian masyarakat terkendala dengan layanan hosting berbayar dengan harga yang tinggi. Namun berikut beberapa rekomendasi layanan hosting gratis yang dapat Anda pilih untuk sebuah media belajar.

  1. Hostinger

Hostinger merupakan salah satu layanan hosting yang cukup populer dan terbaik. Sebagai pemula Anda dapat menggunakan layanan hosting gratis yang disediakan Hostinger. Beberapa fitur yang terdapat pada Hostinger gratis antara lain, storage 300 MB dan brand with 3 GB. Kekurangan dari Hostinger gratis tidak terdapat subdomain, tidak ada fitur backup harian, dan tidak tersedia fitur bantuan 24/7/365.

  1. InfinityFree

Rekomendasi layanan web hosting selanjutnya adalah InfinityFree. Terdapat beberapa fitur unggulan serta menawarkan tampilan yang berkesan. Tersedia penyimpanan unlimited pada layanan ini. Sebagai pemula, Anda dapat menggunakan layanan ini untuk menguji atau menjalankan situs web untuk hal sederhana.

Selain itu, InfinityFree terdapat keamanan SSl gratis lebih 400 database MySQL. Sementara untuk memperlancar kinerja tersedia fitur PHP 7,3 dan subdomain gratis. Fitur yang tersedia di InfinityFree storage 300MB, terdapat domain, bandwidth unlimited, dan free email 10 accounts.

Kekurangan dari layanan ini adalah tidak memadai untuk situs web bisnis dan tidak terdapat dukungan telepon atau surel.

  1. Zyro

Bagi Anda yang minim dengan keterampilan pengkodean dapat menggunakan layanan Zyro. Layanan ini dapat membantu Anda untuk meluncurkan serta membangun website secara praktis dan cepat dengan mengatur cara drag and drop. Dengan fitur yang beragam, mewujudkan kinerjanya cukup baik.

Baca Juga »  Pengertian Dedicated Hosting Server, Kelebihan, dan Waktu Terbaik Untuk Menggunakannya

Berbagai fitur yang beragam tersebut akan memudahkan dan membantu Anda dalam membangun sebuah website. Fitur yang disediakan free domain, ads, dan bandwith 3GB. Kekurangan dari layanan ini terdapat iklan, terbatasnya fitur kustomisasi, dan tidak benar-benar gratis.

  1. Freehosting

Meskipun hanya sebuah layanan web hosting gratis namun terdapat fasilitas dan beragam fitur yang dapat Anda andalkan. Karena didapatkan secara gratis, layanan ini kadang kecepatan servernya tidak konsisten.

Beberapa fitur yang ditawarkan yaitu memiliki penyimpanan mencapai 10 GB, bandwidth unlimited, terdapat 1 account email free, dan website builder/design over 170 predesigned templates. Selain kekurangan pada kecepatan server yang tidak konsisten, tidak ada domain dan SSL gratis.

  1. Freehostia

Layanan ini termasuk dalam daftar rekomendasi yang wajib Anda coba. Freehostia memiliki kecepatan loading yang 15 kali lebih cepat dari lainnya. Fitur-fitur dalam Freehostia yaitu penyimpanan mencapai 250 MB, 5 hoster domain, bandwidth 6GB, 3 email account, dan template website gratis menggunakan installer instan. Kekurangan Freehostia terdapat pada kapasitas penyimpanan yang sangat kecil.

  1. ByetHosting

ByetHosting merupakan layanan web hosting gratis yang memiliki jaringan paling cepat dan stabil. Layanan ini sangat populer di kalangan pencari hosting gratis. Selain itu, anak perusahaan dari iFastNet ini memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun sehingga kualitasnya tidak diragukan.

Layanan ini menyediakan fitur penyimpanan yang unlimited, unlimited addon domain, subdomain, dan parked domain. Selanjutnya bandwith unlimited, free 5 accounts email, dan design auto installer WordPress, Joomla memiliki pilihan template gratis.

Namun terdapat kekurangan pada layanan ini seperti terbatasnya akses forum tanya jawab selama 2 jam dan tidak memberikan jaminan 100% waktu uptime.

  1. X10Hosting

Layanan web hosting gratis yang paling terkenal dan tertua adalah X10Hosting . Sebab X10Hosting telah melayani pelanggan selama lebih dari 10 tahun. Penyedia web host ini menawarkan beberapa keunggulan seperti performa tinggi menggunakan versi terakhir dari MySQL, PHP, dan cPanel serta pendaftaran member yang cukup cepat.

Baca Juga »  Cara Pasang Hosting pada Web dengan Mudah, Bisa Anda Terapkan!

Selain itu Anda dapat menikmati penyimpanan dan bandwith unlimited. terdapat beberapa fitur yang ditawarkan pada layanan ini yaitu website builder/design 120 templates melalui cPanel, free 3 account email, bandwidth unlimited, storage 1GB dan 2 add on domain, 2 sub domain, dan 1 parked domain.

Meskipun memiliki banyak fitur namun juga terdapat kekurangan pada layanan ini antara lain waktu upline yang stabil tidak dapat dipastikan serta untuk akun premium haru melakukan upgrade sebesar US$4.

  1. AwardSpace

Meskipun layanan web hosting gratis ini sempat vakum, pada tahun 2013 AwardSpace ini rilis kembali. Setelah hadir dengan layanan premium, kini AwardSpace hadir dengan layanan gratis. Layanan ini mengajak pelanggan untuk merasakan layanan hebat mereka. Sebagian pelanggan puas dengan layanan hosting gratis.

Beberapa fitur yang tersedia dalam AwardSpace antara lain storage 1GB, 3 subdomain, 1 domain, ads ad free, bandwidth 5GB, spam filter serta 1 email account, website builder/desain hanya terdapat Joomla dan WordPress. Kekurangan pada layanan ini Anda akan kesulitan saat mengakses custom support.

  1. FreeWebHostingArea

Pada tahun 2005 telah diluncurkan layanan FreeWebHostingArea. Layanan ini telah terbukti terbaik dalam mempertahankan layanannya selama bertahun-tahun. Meskipun terlihat jadul, kualitas layanan yang diberikan terbaik termasuk layanan web hosting gratis. Fiturnya meliputi penyimpanan mencapai 1GB, 1 sub domain, bandwidth unlimited, dan pada website builder/design terdapat Joomla dan install WordPress.

Namun akun hosting akan aktif selama dapat 1 pengunjung untuk setiap bulannya serta jika mencapai jumlah pengunjung tertentu tidak ada iklan.

  1. WebFreeHosting

Selanjutnya Anda dapat menggunakan layanan hosting dengan WebFreeHosting. Pelanggan dapat sewaktu-waktu melakukan upgrade paket gratis dengan mudah dan terjangkau. Sementara untuk spesifikasi layanan yang ditawarkan cukup baik. Keamanan dan kecepatan server yang terjamin menjadi keunggulan dalam layanan ini.

Baca Juga »  5 Tips Mudah Memilih Hosting Yang Tepat Bagi Pemula

Layanan ini menyediakan fitur lengkap seperti pada website/design terdapat installer WordPress dan Joomla serta template. Selain itu, terdapat storage 1GB, 3 subdomain, bandwith 5GB dan 1 email account bahkan terdapat juga spam filter. Kekurangannya tidak tersedia layanan untuk membuat domain gratis.

  1. 000webhost

Layanan ini sudah tidak asing lagi bagi Anda yang mencari web host gratis. Layanan ini memberikan kemudahan pada proses pendaftaran. Selain mudah, layanan ini dilengkapi dengan fasilitas dan fitur yang bukn sekedar janji. Serta tidak terdapat biaya tersembunyi di dalamnya.

Layanan ini telah berjalan selama 10 tahun sehingga Anda dapat menampilkan website dalam server 000webhost. Dilengkapi dengan fitur bandwidth 10 GB, 1 subdomain, storage 1GB, 5 account email, tersedia template, serta installer WordPress dan Joomla.

000webhost memiliki kekurangan pada fitur backup yang tidak tersedia serta mode sleep cukup mengganggu.

  1. RackH

Jika layanan yang sebelumnya berasal dari luar negeri. RackH adalah salah satu layanan hosting gratis yang berasal dari Indonesia. Perusahaan IP terbesar yang ada di Indonesia ini juga menyediakan paket cloud hosting gratis. Pada situs yang dibuat nanti Anda harus memberikan backlink serta memasang banner RackH.

Tujuan layanan web hosting gratis ini adalah para freelancer, blogger, bahkan untuk rumah ibadah, keperluan sekolah dan sarana sosial lainya. Layanan ini dilengkapi dengan fitur antara lain penyimpanan mencapai 500 MB, bandwith 5GB, dan pada website builder/design hanya tersedia cPanel. Kekurangannya tidak tersedia domain gratis.

Itulah beberapa rekomendasi layanan web hosting gratis yang dapat Anda gunakan, sesuaikan layanan dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.