12 Aplikasi Nonton Drama Korea Terbaik di Android & iOS

12 Aplikasi Nonton Drama Korea Terbaik di Android & iOS
12 Aplikasi Nonton Drama Korea Terbaik di Android & iOS ( harpersbazaar.co.id )

Serial televisi asal Korea, yang populer dengan istilah Drakor atau K-Drama, adalah tontonan favorit di Korea dan juga di Indonesia, terutama di kalangan generasi muda. Kesuksesan Drakor atau K-Drama ini terutama karena alur cerita yang menarik dan penuh drama, yang mampu menarik para penonton untuk terlibat dalam narasinya.

Keunikan lain dari Drakor atau K-Drama adalah kehadiran para aktor yang tampan dan menawan. Meskipun tidak semua K-Drama dapat ditayangkan di Indonesia, ini menjadi kendala utama bagi penggemar K-Drama di negara ini. Akan tetapi, ada kabar baik, sebab banyak layanan platform video yang menyediakan berbagai judul Drama Korea. Dalam artikel ini, saya akan menyajikan beberapa rekomendasi platform video yang dapat digunakan untuk menonton K-Drama di perangkat android dan iPhone (iOS).

Aplikasi Nonton Drakor di Android & iOS

Seiring majunya teknologi, menonton K-Drama kini tak lagi terbatas pada saluran televisi saja. Melalui berbagai layanan platform video, Anda dapat menikmati K-Drama dengan lebih mudah, kapan pun dan di mana pun Anda berada. Inilah daftar beberapa platform video di Android yang menyediakan tayangan K-Drama secara on-demand.

1. VIU

VIU adalah platform video unggulan yang menyajikan aneka K-Drama, K-Show, dan program televisi Korea. Sebagai aplikasi terkemuka di bidangnya, VIU menawarkan tontonan berkualitas tinggi dalam resolusi HD, lengkap dengan subtitle Bahasa Indonesia. Selain K-Drama, pengguna juga dapat menikmati berbagai K-Show dan konten K-Pop. Semua ini tersedia secara gratis dan mudah diakses melalui VIU.

( Play Store ) ( App Store )

2. WeTV

WeTV, aplikasi milik raksasa teknologi Tencent, menawarkan berbagai acara televisi Asia termasuk Drama, Entertainment, Film, dan lainnya. Sebagai platform video, WeTV menghadirkan K-Drama atau Drama Korea sebagai salah satu tontonannya yang menarik. Anda dapat mengakses K-Drama secara gratis, kapanpun dan dimanapun Anda berada melalui WeTV. Selain drama, aplikasi ini juga menyediakan beragam acara TV lainnya, termasuk program hiburan dan film.

( Play Store ) ( App Store )

3. Drakor.id+

Drakor.id+ adalah aplikasi ciptaan anak negeri yang menawarkan pengalaman menonton K-Drama secara gratis dengan subtitle Bahasa Indonesia. Aplikasi ini unik karena memiliki fitur-fitur istimewa yang tidak banyak ditemukan di platform streaming K-Drama lain, termasuk kemampuan untuk menyediakan original soundtrack (OST) dari berbagai K-Drama. OST berperan vital dalam memperkuat pengalaman emosional saat menonton, dan seringkali OST tersebut menjadi favorit para penonton.

Melalui Drakor.id+, pengguna dapat dengan mudah mencari, mendengarkan, dan mengunduh OST dari drama favorit mereka. Selain itu, aplikasi ini juga menyajikan berbagai saluran televisi Korea, termasuk KBS, SBS-IN, Cube TV, KPOP Channel, dan lainnya, memberikan pengalaman yang lebih kaya bagi penggemar K-Drama dan K-Pop.

( Play Store ) ( App Store )

4. Netflix

Netflix adalah platform streaming yang ideal untuk menyaksikan berbagai jenis tontonan seperti film, serial TV, drama, anime, dan berbagai hiburan video lainnya. Sebagai aplikasi penyedia video, Netflix menawarkan beragam judul K-Drama. Meski saat ini jumlahnya terbatas, Netflix diharapkan akan terus menambah koleksinya. Beberapa judul K-Drama tersedia secara eksklusif di Netflix, sehingga hanya dapat diakses melalui aplikasi ini. Dengan berlangganan paket bulanan, Anda dapat menikmati seluruh konten yang tersedia, termasuk K-Drama, kapan pun dan di mana pun, dengan mudah dan praktis.

( Play Store ) ( App Store )

5. iflix

Mirip dengan Netflix, iflix juga merupakan platform layanan streaming video yang menawarkan berbagai konten hiburan seperti film, serial TV, drama, dan beragam jenis tontonan lainnya. Meski tidak khusus menyajikan K-Drama, iflix memiliki koleksi judul K-Drama yang cukup luas. Di iflix, terdapat sebuah kategori khusus untuk K-Drama, yang disebut K-Iflix.

Tidak hanya K-Drama, iflix juga menghadirkan berbagai acara hiburan lain, termasuk film pendek, berita, dan bahkan Channel On Demand untuk siaran TV dari Korea. Sebagai nilai tambah, pengguna internet dari Telkom Indonesia mendapatkan keuntungan berupa akses VIP gratis selama satu tahun.

( Play Store ) ( App Store )

6. MAXstream

MAXstream adalah aplikasi video on demand yang dikembangkan oleh Telkomsel, mirip dengan Netflix dan iflix. Aplikasi ini menawarkan berbagai K-Drama untuk memuaskan penggemar Drakor di antara pelanggannya. Meskipun terdapat banyak pilihan judul, tidak semuanya tersedia secara gratis. Untuk beberapa judul tertentu, Anda perlu berlangganan dengan membayar biaya bulanan. Setelah berlangganan, Anda dapat menikmati tontonan secara santai dan menyenangkan.

( Play Store ) ( App Store )

7. iQIYI

Selanjutnya kita memiliki iQIYI, sebuah aplikasi asal Tiongkok yang menyajikan beragam tayangan dari negeri tersebut, termasuk Drama, serial televisi, dan lainnya. Selain itu, iQIYI juga menawarkan koleksi K-Drama yang beragam untuk mengakomodasi penggemar Drakor. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai pilihan subtitle, memudahkan pemahaman cerita drama yang ditonton.

( Play Store ) ( App Store )

8. SBS

Bagi penggemar Drama Korea, nama SBS tentu sudah tidak asing lagi. Sebagai salah satu stasiun televisi di Korea Selatan, SBS menampilkan beragam drama dan acara realitas, termasuk acara populer seperti Running Man. Peluncuran aplikasi SBS merupakan langkah inovatif dalam menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi.

Aplikasi ini memungkinkan SBS untuk menjangkau audiens yang lebih luas dengan menayangkan program-programnya, termasuk K-Drama yang sangat populer di berbagai negara. Namun, perlu diperhatikan bahwa sebagai aplikasi resmi, aplikasi ini tidak menyertakan subtitle dalam berbagai bahasa.

( Play Store ) ( App Store )

9. KBS World

KBS World adalah stasiun televisi asal Korea Selatan, mirip dengan SBS. Stasiun ini menawarkan kesempatan untuk menonton berbagai K-Drama yang telah ditayangkan selama 7 hari terakhir. Selain itu, KBS World juga mengudara berbagai acara KPOP, termasuk program populer seperti Music Bank. Keunggulan KBS World dibandingkan SBS terletak pada ketersediaan subtitle dalam setiap tayangan, walaupun subtitle tersebut hanya tersedia dalam bahasa Inggris.

( Play Store ) ( App Store )

10. Viki

Selanjutnya, kita akan membahas tentang Viki, sebuah aplikasi yang menyajikan beragam judul serial drama dari berbagai negara di Asia Timur termasuk Jepang, Korea, China, dan Taiwan. Aplikasi ini khusus menyediakan akses untuk menonton K-Drama, film, serta acara TV dari berbagai negara, termasuk Korea. Dengan menggunakan Viki, Anda dapat menonton semua konten tersebut secara gratis, dan tentunya dilengkapi dengan subtitle dalam bahasa yang Anda mengerti.

( Play Store ) ( App Store )

11. Kocowa

Pada urutan ke-11, saya merekomendasikan sebuah aplikasi streaming drama Korea yang memiliki nama serupa dengan hewan yang sering dianggap mengganggu. Aplikasi tersebut adalah Kocowa, yang tersedia di iOS dan menawarkan beragam K-Drama. Kocowa memungkinkan penggunanya untuk menonton berbagai tayangan dari stasiun televisi Korea Selatan, termasuk KBS, MBC, dan SBS.

Aplikasi ini dapat diunduh tanpa biaya, tetapi untuk mengakses semua fiturnya, pengguna harus berlangganan paket premium dengan membayar biaya bulanan. Fitur menarik dari Kocowa adalah kemampuannya untuk memutar ulang semua acara yang ditayangkan dalam 24 jam terakhir.

( Play Store ) ( App Store )

12. OnDemandKorea

OnDemandKorea merupakan aplikasi serupa dengan yang lain, memungkinkan Anda untuk menyaksikan aneka ragam tayangan hiburan dari Korea, termasuk K-Drama. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis, namun diperlukan langganan bulanan berbayar untuk mengakses semua fiturnya.

( Play Store ) ( App Store )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *