10 Daftar Hosting Terbaik di Indonesia yang Perlu Dipertimbangkan!

Sedang mencari hosting terbaik di Indonesia, yang dapat dipilih dengan tingkat pelayanan yang cepat dan handal? Tentu harus mengetahui daftar atau referensi dari hosting yang tersedia saat ini. Memungkinkan pengguna tidak salah pilih ketika menetapkan hosting.

Pasalnya kini setiap web hosting saling bersaing dengan menawarkan pilihan fitur yang beragama. Belum lagi beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh masing-masing hosting. Untuk lebih lanjut, simak berikut ini berbagai daftar hosting terbaik yaitu:

1. InfinityFree

Hosting terbaik di Indonesia pertama yang harus diketahui yaitu InfinityFree. Merupakan sebuah layanan hosting yang diberikan secara gratis, menjadikannya salah satu alternatif pilihan. Tidak hanya itu, hosting yang satu ini juga menawarkan tampilan yang cukup mengesankan dengan berbagai kelebihannya.

Bukan hanya itu saja, InfinityFree juga telah memiliki penyimpanan tanpa batas yang dapat dipakai oleh penggunanya. Bagi para pemula, dapat mencobanya dengan menjalankan beberapa perintah yang sifatnya sederhana. Memungkinkan penggunaannya banyak disukai oleh beragam pengguna.

2. Hostinger

Selanjutnya ada Hostinger yang termasuk ke dalam hosting terbaik di Indonesia sekarang ini. Pasalnya layanan yang diberikan menyediakan paket hosting gratis untuk seumur hidup. Hal inilah yang menjadikan hosting tersebut banyak memikat berbagai pengguna.

Bentuk dari penawaran yang dilakukan oleh Hostinger pun dapat disesuaikan dengan fitur yang disediakan, mengapa? Penyebabnya karena tidak semua fitur yang ditawarkan dapat dipakai secara gratis. Pengguna harus mengeluarkan biaya lebih untuk fitur tertentu.

Fitur storage yang ditawarkan oleh Hostinger berukuran 300MB dengan domain berbayar. Untuk ukuran dari bandwidth nya sendiri belum unlimited, yakni berukuran 3GB. Memungkin adanya keterbatasan penyimpanan dalam pemakaian hosting yang satu ini.

3. Free Hosting

Selanjutnya yang dapat dicoba yaitu Freehosting. Terdapat beragam fasilitas serta fitur menarik yang dapat ditemukan. Hal menarik lainnya dari hosting yang satu ini, termasuk ke dalam layanan web yang tersedia gratis.

Sayangnya, tingkat kecepatan yang dimiliki oleh servernya tidak konsisten. Namun jika ditinjau dengan baik, dengan harga yang diberikan secara gratis, maka hal tersebut cukup sepadan tentunya. Belum lagi bandwidth unlimited yang ditawarkannya.

4. ByetHosting

Ingin merasakan hosting dengan jaringan yang stabil dan cepat, maka pilihannya adalah ByetHosting. Saat ini ByetHosting merupakan layanan yang paling banyak dipilih, karena pemberian layanannya gratis. Hal itu juga dikarenakan sedikitnya layanan premium yang ditawarkan.

Fitur yang terdapat dalam ByetHosting pun sangat menarik dan menggiurkan. Contohnya ada storage dan bandwidth yang tersedia unlimited untuk pengguna. Selanjutnya, pengguna juga dapat menerima pembuatan 5 akun email secara gratis.

Hadirnya berbagai fitur yang mengesankan, bukan berarti ByetHosting tidak memiliki kekurangan. Terdapat beberapa hal yang harus pengguna ketahui diantaranya, yaitu tidak adanya jaminan uptime. Selain itu, akses forum untuk melakukan tanya jawab pun cukup terbatas.

5. X10Hosting

Telah berpengalaman lebih dari 10 tahun, wajar saja jika X10Hosting merupakan hosting terbaik di Indonesia dibanding lainnya. Terlihat dari banyaknya jumlah pengguna yang terus bertambah setiap harinya. Belum lagi, hosting yang satu ini telah dikenal sebagai alternatif pilihan gratis.

Selain itu, terdapat beberapa keunggulan lainnya yang ditawarkan oleh penyedia host, yaitu pendaftaran anggota. Pasalnya pendaftaran anggota dilakukan dengan proses cepat serta performa yang tinggi. Hal ini, tentu diseimbangkan dengan menggunakan versi terakhir dari PHP, cPanel dan lainnya.

Hal menarik lainnya yang terdapat pada hosting yang satu ini adalah penyimpanan dan bandwidth yang telah tersedia unlimited. Salah satu faktornya yaitu karena adanya dukungan komunitas. Tidak tanggung-tanggung, terdapat 750.000 member yang tergabung di dalamnya.

6. Freehostia

Hosting terbaik di Indonesia selanjutnya ada Freehostia yang banyak menawarkan layanan hosting yang tidak membebankan biaya. Hal ini menjadi sangat menarik bagi pengguna, mengingat Freehostia memiliki klaim kecepatan loading. Kecepatannya 15 kali lebih cepat dibanding hosting konvensional lain.

Fitur yang tersedia di dalamnya pun cukup menarik untuk diketahui yaitu storage sebesar 2 GB dan bandwith 6GB. Jika dilihat dari ukuran kapasitasnya, Freehostia sangat kecil bukan? Memungkinkan pengerjaan sesuatu yang komplek nantinya dapat terkendala atau beresiko.

7. Kinsta

Selanjutnya ada Kinsta yang menjadi hosting terpopuler dengan banyak pengguna. Pasalnya hosting yang satu ini sudah lama dibentuk yaitu pada tahun 2013 oleh para ahli WordPress. Memungkinkan host mempunyai pengetahuan mendalam akan WordPress.

Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan pada Kinsta, terbukti bahwa nilai yang A plus diberikan pada hosting ini. Hal ini tentu dikarenakan adanya dukungan dari Google Cloud premium. Membuat pengguna bisa merasakan kinerja serta kecepatan yang maksimal.

Hadirnya situasi itu juga didukung karena jaringan Google yang luas. Membuat pilihan hosting yang dapat diambil oleh pengguna situs yaitu 1 dari 24 pusat data dunia. Jika target pengguna adalah Indonesia, maka lebih baik menggunakan hosting data pusat Singapura tentunya.

8. 000webhost

Untuk pengguna yang ingin mencari web host gratis tidak ada salahnya untuk mencoba 000webhost. Pasalnya selain menjadi yang terbaik, hosting yang satu ini juga memiliki proses pendaftaran yang mudah. Membuat siapapun dapat mencobanya, termasuk pemula.

Untuk spesifikasi serta fitur yang ditawarkan oleh 000webhost terbukti sangat menarik. Namun hal ini, tentu tidak menutup kemungkinan bahwa ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan untuk fitur tertentu. Hal ini, tentu sebanding dengan kebutuhan atau manfaat yang dibutuhkan pengguna.

Pasalnya untuk fitur yang ditawarkan dalam hosting ini cukup beragam yaitu storage sebesar 1GB, lalu bandwith 10GB. Selain itu, juga ditawarkan pembuatan akun email secara gratis sebanyak 5 akun. Memungkinkan pengguna menerima banyak keuntungan.

9. RumahWeb

Pilihan hosting selanjutnya yang dapat dipilih yaitu Rumahweb, termasuk ke dalam layanan hosting lokal. Jika dilihat berdasarkan laporan informasi pemeriksaan, kecepatan yang terdapat di dalamnya standar. Untuk kecepatan rata-rata secara global yaitu 196 md dari negara Asia dan Oceania.

Fitur utama yang tersedia dalam hosting Rumahweb yaitu ruang dan bandwith unlimited. Selanjutnya domain yang ditawarkan kepada pengguna juga gratis atau tidak berbayar. Jadi wajar saja, banyak pengguna yang beralih menggunakan hosting yang satu ini.

10. Exabytes

Terakhir, layanan hosting yang dapat direkomendasikan oleh para pengguna yaitu Exabytes. Hosting terbaik di Indonesia yang satu ini mempunyai kecepatan global sebesar 183,3 md. Untuk kecepatan rata-ratanya sendiri yaitu 90,25 jika diakses dari negara Asia dan Oceania.

Jika ada kelebihan tentu ada kekurangan, begitu juga dengan Exabytes. Pasalnya hosting tersebut mempunyai berbagai kelemahan yang dianggap sangat merugikan. Mengingat uptime yang terdapat di dalamnya kurang baik, belum lagi tim bantuan yang dianggap lamban dalam merespon pertanyaan.

Exabytes termasuk ke dalam layanan hosting yang telah memiliki 100 ribu pelanggan dari berbagai negara. Memungkinkan jangkauan globalnya pun luas. Namun untuk pusat data utamanya terletak di Indonesia, Singapura, Malaysia dan juga Amerika.

Itulah penjelasan tentang hosting terbaik di Indonesia yang dapat menjadi referensi bagi para pengguna. Lakukan analisa dan mempelajari dengan baik setiap hosting yang telah dijelaskan. Jika sudah, maka pengguna baru dapat menggunakan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan.