1 Meter Berapa Cm? Kenali Cara Menghitung dan Contohnya

1 Meter Berapa Cm? Kenali Cara Menghitung dan Contohnya
1 Meter Berapa Cm? Kenali Cara Menghitung dan Contohnya ( bukabangunan.com )

Meter dan centimeter (CM) adalah dua satuan pengukuran yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kedua satuan ini digunakan untuk mengukur panjang dalam kerangka satuan international. Jika anda ditanya berapa nilai 1 meter dalam satuan cm, hal tersebut dapat menjadi pertanyaan umum.

Bagi mereka yang masih belum familiar dengan satuan tersebut dan kesulitan dalam mengonversinya, tidak perlu cemas. Berikut adalah beberapa informasi mengenai meter dan sentimeter beserta cara mengonversinya yang dapat anda pelajari dan pahami.

  • Ringkasan
  • Satuan meter merupakan dasar yang digunakan sebagai patokan untuk mengukur panjang dalam sistem satuan internasional.
  • Centimeter adalah satuan yang dipakai untuk mengukur panjang suatu objek dengan ukuran yang lebih kecil.
  • Konversi dari meter ke centimeter dapat dilakukan dengan menggunakan rumus meter dikali 100, yang berarti 1 meter setara dengan 100 centimeter.

Pengertian Meter

Satuan pokok yang digunakan sebagai referensi untuk mengukur panjang dalam sistem satuan internasional adalah meter. Nilai meter juga setara dengan 39,37 inci dan diterapkan di berbagai negara, termasuk indonesia dan beberapa negara asia lainnya.

Pengertian Centimeter

Seperti meter, centimeter (cm) adalah satuan yang digunakan untuk mengukur panjang suatu objek, tetapi dengan nilai yang lebih kecil. Centimeter juga merupakan bagian dari sistem satuan internasional (SI).

Konversi Meter ke Centimeter

Untuk menghitung panjang 1 meter dalam satuan centimeter, anda dapat melakukan konversi antara satuan meter dan centimeter. Proses konversinya relatif mudah, karena keduanya berada dalam tangga satuan yang sama.

Konversi dari meter ke centimeter melibatkan perubahan dua tingkat pada tangga satuan, sehingga ketika anda mengubah meter ke centimeter, nilai tersebut perlu dikalikan dengan 100. Jadi, panjang 1 meter setara dengan 1 x 100, yaitu 100 centimeter.

Selanjutnya, jika anda ingin mengonversi panjang 10 meter menjadi centimeter, caranya sama seperti sebelumnya, hanya perlu mengalikan dengan 100. Hasil perkalian dari 10 dengan 100 adalah 1000. Jadi, panjang 10 meter setara dengan 1000 centimeter.

Prinsip ini juga berlaku ketika dealing dengan angka desimal. Contohnya, jika anda memiliki panjang 2,5 meter dan ingin mengonversinya ke dalam centimeter, anda hanya perlu mengalikan 2,5 dengan 100. Hasil perkalian 2,5 dan 100 adalah 250.

Jadi, panjang 2,5 meter setara dengan 250 centimeter. Metode ini dapat diterapkan untuk mengonversi setiap ukuran meter ke centimeter dengan mengalikan nilai meter tersebut dengan 100.

Rumus Perhitungan Meter Ke CM

Meter x 100 = 100 CM

Tabel Konversi Satuan Meter

Anda juga bisa merujuk pada tabel konversi satuan meter berikut ini untuk mempermudah pemahaman mengenai hasil konversi dari 1 meter ke centimeter.

Satuan MeterKonversi
1 m100 cm
1 m10 dm
1 m0,1 dam
1 m0,01 hm
1 m0,001 km
1 mm0,001 m
1cm0,01 m
1 dm0, 1 m
1 dam10 m
1 hm100 m
1 km1000 m

Contoh Soal

Soal 1

Andi membeli sebuah tali sepanjang 4 meter, jika dikonversi ke dalam satuan centimeter. Berapa panjang tali tersebut?

Jawaban : 4 x 100 = 400 CM (centimeter)  

Soal 2

Sebuah jembatan penghubung antara desa sukamaju dan desa sidomulyo dibangun sejauh 8,5 meter. Jika dinyatakan dalam bentuk centimeter. Berapa panjang jembatan tersebut?

Jawaban : 8,5 x 100 = 850 CM (centimeter)  

Soal 3

Dika berenang dalam sebuah kolam setinggi 2,5 meter. Jika dikonversikan dalam bentuk centimeter. Maka berapa kedalaman kolam tersebut?

Jawaban : 2,5 x 100 = 250 CM (centimeter)

Penutup

Meter:

  • Panjang objek besar: Meter umumnya digunakan untuk mengukur panjang objek yang besar atau luas, seperti tanah, jembatan dan bangunan.
  • Jarak: Meter sering digunakan untuk mengukur jarak antar dua titik, baik itu dalam transportasi atau pemetaan.

Centimeter:

  • Ukuran benda sedang hingga kecil: Centimeter digunakan untuk mengukur panjang, lebar dan tinggi benda yang berukuran sedang hingga kecil, seperti buku, alat tulis dan meja.
  • Presisi pada pengukuran detail: Karena ukurannya yang lebih kecil, centimeter lebih sesuai untuk mengukur dengan presisi pada objek yang lebih kecil.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda dalam mengonversi satuan meter ke centimeter atau sebaliknya. Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menanyakan melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *